Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Iqra Buru Terhadap HIV-AIDS di Kabupaten Buru Provinsi Maluku Tahun 2013

Penulis skripsi: Nurjannah La Adili
Bagian Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Hasanuddin Makassar 2014

Intisari

Kaum muda yang memiliki pengetahuan memadai dan benar tentang IMS termasuk HIV-AIDS sangat sedikit jumlahnya. Sebagaimana disadari bahwa jumlah penduduk Indonesia dewasa ini mencapai lebih dari 210 juta orang dan yang terdiri dari usia remaja sekitar 30%. Generasi muda Indonesia juga tidak luput terancam oleh penyakit HIV- AIDS. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perilaku (pengetahuan, sikap, dan tindakan) terhadap HIV-AIDS pada mahasiswa Fakultas Agama Islam (program studi Komunikasi Penyiaran Islam dan program studi Pendidikan Agama Islam) Universitas Iqra Buru di Kabupaten Buru Provinsi Maluku Tahun 2013.

Penelitian ini merupakan “cross sectional study”. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Fakultas
Agama Islam Universitas Iqra Buru yang terdiri dari 2 program studi yaitu Komunikasi Penyiaran Islam dan Pendidikan Agama Islam. Sampel yaitu 19 mahasiswa program studi Komunikasi Penyiaran Islam dan 41 mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam. Teknik pengambilan sampel tersebut dilakukan dengan metode “stratified proportional random sampling”. Data primer didapat dari jawaban responden dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder didapat dari Universitas dengan mengumpulkan data jumlah mahasiswa Fakultas Agama Islam. Data dianalisis menggunakan uji t independen.

Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 3 variabel (pengetahuan, sikap, dan tindakan) terdapat 2 variabel yang menunjukkan perbedaan signifikan (p<0,05) yaitu pengetahuan dan tindakan terhadap HIV-AIDS. Saran berdasarkan hasil penelitian ini adalah mahasiswa agar meningkatkan pengetahuan mengenai HIV-AIDS untuk menghindari sikap dan tindakan negatif serta perilaku yang berisiko tertular HIV-AIDS. Pemerintah dan pihak Universitas setempat kiranya mengadakan sosialisasi tentang HIV-AIDS mengingat masalah ini adalah masalah yang kompleks.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Mahasiswa, HIV-AIDS


Daftar Referensi

Wulandari, R, dkk. 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Upaya Pencegahan HIV/AIDS Pada Ibu Rumah Tangga di RW 5 Kelurahan Meranti Pandak. Riau : Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau.
WHO. 2011. Annex 2 Country Progress Indikators and Data, 2005 to 2011. (online)http://www.unaids.org/docu ments/20101123_GlobalReport_Annexes2_em.pdf. Diakses tanggal 11 juli 2012.
Tubagus Indriani dkk, 2013. Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Siswa Kelas XI Tentang Penyakit HIV/AIDS di SMU Negeri 2 Kota Manado. Ejournal Keperawatan (e-Kp) Vol 1, No 1, Agustus 2013. Manado : Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado.
Tim penulis Bagian Kesehatan Lingkungan FKM UNHAS, 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar : Bagian Kesehatan Lingkungan FKM UNHAS.
Suniarti, Sri dkk. 2008. Perkembangan HIV dan AIDS di Indonesia: Tinjauan Socio Demografis. PPK-LIPI Vol.(3)2.
Sudikno, dkk., 2011. Pengetahuan HIV dan AIDS Pada Remaja Di IndonesiaI. Jurnal Kesehatan Reproduksi vol 1, No 3, Agustus 2011:145-154. (Kuesioner).
Sosodoro, Ossie dkk. 2009. Hubungan pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan stigma orang dengan HiV/AIDS di kalangan pelajar SMA. Berita Kedokteran Masyarakat Vol 25, No 4, Desember 2009.
Soetjiningsih. 2007. Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya (cetakan ke 2). Penerbit Sagung Seto.
Siwy, D., 2013. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Tentang HIV/AIDS Dengan Tindakan Pencegahan Pada Mahasiswa Angkatan 2010 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Skripsi. Manado : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado.
Singale, Lastianti., 2013. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Tentang HIV/AIDS Dengan Tindakan Pencegahan HIV/AIDS Pada Siswa SMK Negeri 3 Tahuna. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sam Ratulangi Manado.
Silalahi, Roselly Evianty., 2008. Pengaruh Faktor Predisposisi, Pendukung Dan Penguat Terhadap Tindakan Pekerja Seks Komersial (PSK) Dalam Menggunakan Kondom Untuk Pencegahan HIV/AIDS Di Lokalisasi Teleju Kota Pekanbaru. Tesis. Medan: Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.
Sari Desilianty dkk, 2011. Gambaran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Mengenai HIV/AIDS Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Tanjungpura. Pontianak : Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak.
Saputra, Ginto.2008. Gambaran Pengetahuan,Sikap Dan Perilaku Terkait HIV AIDS Pada Siswa Kelas 3 SMA PGRI 1 Kota Bogor.Skripsi. Bogor: fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Depok.
Sambono,M.M., 2013. Studi Perilaku Siswa SMA Ronevan Tual Terhadap Pencegahan HIV/AIDS Di Kelurahan Dullah Selatan Kota Tual. Jurnal MKMI, Vol 9, No 1, Januari 2013, Hal 1-6.
Salahuddin, Muhamad., 2007. Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Mengenai Perilaku Berisiko HIV/AIDS Di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Tahun 2007. Skripsi. Makassar: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.(Kuesioner)
Rodiah. 2007. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Terhadap HIV/AIDS Mahasiswa Yang Tinggal Di Asrama Kalimantan Timur Di Yogyakarta. Intisari.
Paryati Tri dkk, 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stigma dan Diskriminasi kepada ODHA(Orang dengan HIV/AIDS) Oleh Petugas Kesehatan. Kajian Literatur. Bandung : Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung.
Paramitha, Laksmi Mitha., 2009. Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Tindakan Narapidana Narkotika Terhadap HIV/AIDS Di Lapas Narkotika Kelas II/A Kabupaten Gowa Tahun 2009. Skripsi. Makassar: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. (Kuesioner).
Oktarina., Hanafi Fachrudi., Budisuari Made Asri. 2009. Hubungan Antara Karakteristik Responden, Keadaan Wilayah Dengan Pengetahuan, Sikap Terhadap HIV/AIDS Pada Masyarakat Indonesia. (http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/hsr/article/download/2742/1525 diakses tanggal 19 April 2013).
Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta. Rineka cipta.
Ningsih, Yulia., Nauli, Fathra Annis., Woferst, Rismadefi., 2012. Efektifitas Pendidikan Kesehatan Hiv/Aids Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Pada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). (http://repository.unri.ac.id/bitstream/123456789/1897/1/pdf%20jurnal.pdf diakses tanggal 19 April 2013).
Mustafa, Musyarrafah., 2012. Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang HIV/AIDS di KAB Mamuju Sulawesi Barat (Perbandingan Antara SMA Negeri 2 Mamuju dan SMK Keperawatan Gafur Yahya Mamuju). Skripsi. Makassar : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar. (Kuesioner).
Mangidi, handriyanisa. 2009. Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Tentang HIV Dan AIDS Pada Pengunjung Tempat Hiburan Malam Di Wilayah Kota Kendari Tahun 2008. Skripsi. Makassar: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.
Mahmuda L N. 2009. Peningkatan Pengetahuan Tentang Reproduksi Sehat Pada siswi SMK Pertiwi Desa Ngabeyan, Mangkuyudan, Kartasura, Sukoharjo. Jurnal WARTA, Vol 12, No 1, Maret 2009, hal55-59. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Lintang Jennifer, dkk., 2012. Perilaku Mahasiswa Fakultas Kedokteran Program Studi Kedokteran Umum Tahap Profesi dan Program Studi Keperawatan Terhadap HIV/AIDS di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal e-Biomedik (eBM), Vol 1, No 1, Maret 2012, hlm 1-5. Manado : Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado.
Lakollo, Fitriana Yuliawati. 2009. Studi Kasus Perilaku Wanita Pekerja Seksual Tidak Langsung Dalam Pencegahan IMS, HIV Dan AIDS Di PUB&Karaoke, Café, Dan Diskotek Di Kota Semarang. Tesis. Semarang: Program Studi Magister Promosi Kesehatan Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.
Ksamawan Adi, Partha M. 2013. Persepsi Karyawan Hotel Tentang HIV/AIDS di Kota Denpasar Tahun 2012. Community Health Vol 1, No 1, April 2013, Halaman 1-9.
Komisi Penanggulangan AIDS Nasional. 2011. Info dan Data Seputar Hiv/Aids Di Indonesia. http://www.aidsindonesia.or.id/dasar -hiv-aids. diakses 15/05.2013.
Kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak repoblik Indonesia, 2012. Pedoman Pelaksanaan Hari AIDS Sedunia Tahun 2012. (http://menegpp.go.id/V2/index.php/daftarbuku/lainnya?download=601%3Apedoman-hari-aids-sedunia-2012 diakses tanggal 19 April 2013).
Kementerian Kesehatan Repoblik Indonesia. 2013. Laporan Perkembangan HIV/AIDS Triwulan 1 Tahun 2013. http://www.aidsindonesia.or.id/ck_uploads/files/Laporan%20HIV%20AIDS%20TW%201%202013%20FINAL.pdf. diakses tanggal 15januari 2014.
Juliastika, dkk, 2011. Hubungan Pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan Sikap dan Tindakan Penggunaan Kondom Pria pada Wanita Pekerja Seks di Kota Manado. Manado : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado.
Hugo, Graeme. 2001. Mobilitas Penduduk Dan HIV/AIDS Di Indonesia. UNAIDS Indonesia; UNDP South East Asia HIV and Development Office; ILO Indonesia.
Hidayat, O dan Giyasrih,S.R., 2012. Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Tentang Bahaya Penyakit AIDS. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.
Hakim, I. A., 2003. Pengetahuan Masyarakat Sumatera Selatan Tentang HIV/AIDS. Jurnal Pembangunan Manusia. Sumatera Selatan : Universitas Sriwijaya.
DINKES Kab.Buru Propinsi Maluku. 2012.laporan HIV dan AIDS. Kab Buru Maluku.
Dalimunthe, E.M., 2008. Perilaku Mahasiswa Sumatera Utara Tentang Penularan HIV Di Kota Medan. Skripsi. Medan : Fakultas Kesehatan Masyarakat Sumatera Utara Medan.
Daili, Sjaiful Fahmi., Makes, Wresti Indriatmi B., Zubier, Farida. 2009. Infeksi Menular Seksual (ed.4). Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
CCPHI. 2013. Catatan Pertemuan Forum Diskusi HIV & AIDS IX Program Pencegahan HIV Di Industri Pertambangan. (http://www.aidsindonesia.or.id/ck_uploads/files/Catper_HIV9_website.pdf di akses tanggal 19 April 2013).
Azinar, Muhammad. 2013. Perilaku Seksual Pranikah Berisiko Terhadap Kehamilan Tidak Diinginkan. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Indonesia: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.
Asfiah, Nurul. 2011. Pencegahan Penyebaran HIV/AIDS Melalui Penguatan Budaya. HUMANITY, Volume 6, Nomor 2, Maret 2011: 116 - 120.
Ali, H Zaidin. 2010. Agama, Kesehatan, dan Keperawatan. Jakarta: Trans Media Info.

Penelitian Kesehatan Masyarakat- Headline Animator