Anggawa R. P. Rahardana - Studi tentang pengetahuan tenaga kerja mengenai Alat Pelindung Diri (APD) di ruang produksi PT. MHE - Demag Indonesia

Tugas Akhir Ilmu Kesehatan Masyarakat
Disusun oleh: Anggawa R. P. Rahardana
Universitas Airlangga
Program Diploma Prodi Higiene Perusahaan, Keselamatan, dan Kesehatan Kerja
Fakultas: Kesehatan Masyarakat

Intisari:

Pencegahan kecelakaan kerja dapat dilakukan berbagai cara misalnya dengan menggunakan alat pelindung diri. Upaya untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya penggunaan APD saat bekerja salah satunya adalah dengan pengetahuan tentang pemakaian APD kepada tenaga kerja, baik sosialisasi secara tertulis maupun lisan dan dalam penggunaan APD sebagai sarana pengendali resiko.

Tujuan umum penelitian ini adalah Menggambarkan pengetahuan tenaga kerja mengenai Alat Pelindung Diri di unit produksi PT MHE Demag dan tujuan khusus adalah Menggambarkan pengetahuan tenaga kerja mengenai APD dan Mempelajari karakteristik umur, masa kerja dan pendidikan).

Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian observasional deskriptif, ditinjau dari segi waktu termasuk penelitian Cross Sectional dengan 37 responden. Waktu pengambilan data mulai 5-12 Oktober 2009.Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi bahaya pada bagian ruang produksi diantaranya adalah bahaya fisik, bahaya kimia dan bahaya mekanis. Pelaksanaan pengetahuan tenaga kerja terhadap pemakaian APD di PT. MHE Demag pada bagian produksi sangatlah bagus, karena semua tenaga kerja 100% selalu menggunakan APD, sehingga hal tersebut sangat membantu agar tenaga kerja terhindar dari kecelakaan.

Saran yang diberikan adalah agar selalu diberikannya pelatihan kepada tenaga kerja tentang cara penggunaan APD yang baik dan benar, sehingga kecelakaan tidak terjadi. Kata Kunci : Potensi Bahaya, Pengetahuan & Pemakaian APD.

Penelitian Kesehatan Masyarakat- Headline Animator