Penulis: Valentina Dwi Yuli Siswianti
Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada
Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
Jurusan Ilmu-Ilmu Kesehatan
Ringkasan:
Latar belakang: Rs. Panti Rapih merupakan rumahsakit yang sudah dikenal
terutama di provinsi Yogyakarta. Oleh karena
itu rumah sakit perlu secara berkesinambungan mengembangkan strategi untuk
meningkatkan pelayanan. Salah satu pelayanan yaitu pelayanan home care yang
sudah dimulai sejak tahun 1990 dan mengalami peningkatan dalam penggunaannya.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi
pelayanan home care, mengidentifikasi jenis pelayanan yang dibutuhkan
oleh pasien, mengidentifikasi harapan para petugas home care dan untuk mengeksplorasi
kepuasan pasien.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
observasi partisipasi dan wawancara secara mendalam terhadap 21 pasien pengguna
home care, 5 pasien potensial home care, 3 petugas home care,
dan 2 orang dokter yang terlibat dalam pelayanan home care. Sebagai
tambahan digunakan data karakteristik demografik pasien dan keadaan penyakit
dari pasien yang potensial terhadap pelayanan home care yang
diambil dari unit home care.
Hasil penelitian: Menurut pasien pengguna home care dan keluarganya
mutu pelayanan home care sudah cukup baik. Dari beberapa kategori, komunikasi
merupakan hal yang paling penting dan sangat diutamakan dalam pelayanan home
care. Salah satu kategori yang berhubungan dengan kepuasan pengguna pelayanan
home care adalah komunikasi. Sementara bagi para staf hal yang paling
berharga adalah ketika mereka di beri perhatian oleh pihak manajemen. Proses
penyembuhan pasien ternyata tidak menjadi sumber kepuasan bagi petugas home
care karena hal itu lebih berhubungan dengan rutinitas pekerjaan.