Proses Pelayanan Home Care Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta


Penulis: Valentina Dwi Yuli Siswianti
Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada
Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
Jurusan Ilmu-Ilmu Kesehatan

Ringkasan:

Latar belakang: Rs. Panti Rapih merupakan rumahsakit yang sudah dikenal terutama di provinsi Yogyakarta. Oleh karena itu rumah sakit perlu secara berkesinambungan mengembangkan strategi untuk meningkatkan pelayanan. Salah satu pelayanan yaitu pelayanan home care yang sudah dimulai sejak tahun 1990 dan mengalami peningkatan dalam penggunaannya.

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pelayanan home care, mengidentifikasi jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh pasien, mengidentifikasi harapan para petugas home care dan untuk mengeksplorasi kepuasan pasien.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi partisipasi dan wawancara secara mendalam terhadap 21 pasien pengguna home care, 5 pasien potensial home care, 3 petugas home care, dan 2 orang dokter yang terlibat dalam pelayanan home care. Sebagai tambahan digunakan data karakteristik demografik pasien dan keadaan penyakit dari pasien yang potensial terhadap pelayanan home care yang diambil dari unit home care.

Hasil penelitian: Menurut pasien pengguna home care dan keluarganya mutu pelayanan home care sudah cukup baik. Dari beberapa kategori, komunikasi merupakan hal yang paling penting dan sangat diutamakan dalam pelayanan home care. Salah satu kategori yang berhubungan dengan kepuasan pengguna pelayanan home care adalah komunikasi. Sementara bagi para staf hal yang paling berharga adalah ketika mereka di beri perhatian oleh pihak manajemen. Proses penyembuhan pasien ternyata tidak menjadi sumber kepuasan bagi petugas home care karena hal itu lebih berhubungan dengan rutinitas pekerjaan.

Kesimpulan: Pasien dan keluarganya lebih memilih pelayanan home care daripada perawatan di rumahsakit. Jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh pelanggan home care adalah pelayanan yang komprehensif yang dikordinasikan oleh seorang dokter. Untuk petugas home care perhatian dan dukungan dari pihak manajemen merupakan hal penting sehingga tidak ada perasaan terasing. Kehadiran dokter dalam home care ternyata dapat menambah motivasi petugas dalam memberikan pelayanan home care.

Penelitian Kesehatan Masyarakat- Headline Animator