Analisis Faktor Tingginya Angka Drop Out (DO) DPT1 - Campak Berdasarkan Studi Komparasi Faktor Manajemen Program dan Faktor Masyarakat yang Berpengaruh terhadap DO DPT1 - Campak di Kota Pasuruan - Rosyidah L. Kurnia

Tugas Akhir/Skripsi Kesehatan Masyarakat 
Penulis: Rosyidah L. Kurnia 
Program S1 Universitas Airlangga 
Program Studi Kesehatan Masyarakat 
Fakultas Kesehatan Masyarakat


Ringkasan:



Cakupan lima imunisasi dasar pada bayi secara lengkap tidak dapat tercapai karena beberapa hal, diantaranya Drop Out (DO) Imunisasi DPT1-Campak , sehingga dapat menurunkan kekebalan masyarakat (herd immunity) terutama bayi terhadap PD3I. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor manajemen program dan faktor masyarakat yang berhubungan dengan DO DPT1-Campak (Studi Komparasi di Puskesmas Bugulkidul dan Puskesmas Kandangsapi Kota Pasuruan tahun 2010).



Penelitian ini dilaksanakan secara cross sectional. Wawancara dilaksanakan terhadap 17 petugas (Kepala Puskesmas, Koordinator Imunisasi dan Pembina Kelurahan) di Puskesmas Bugulkidul (yang mempunyai angka DO DPT1-Campak kurang dari 10%) dan Puskesmas Kandangsapi Kota Pasuruan (yang mempunyai angka DO DPT1-Campak lebih dari 10%) , serta terhadap ibu yang mempunyai balita umur 1-2 tahun di kedua wilayah puskesmas tersebut (200 orang). Tehnik smpling adalah cluster sampling. Independen variabel adalah manajemen program imunisasi yaitu perencanaan (P1), penggerakan pelaksanaan (P2) dan pengawasan, pengendalian dan penilaian (P3) serta faktor masyarakat yaitu karakteristik (umur, tingkat pendidikan, status pekerjaan, tingkat pengeluaran rumah tangga per bulan, jumlah anggota keluarga, pengetahuan terhadap imunisasi dan faktor preferensi), faktor sosial dan jarak terhadap fasilitas pelayanan imunisasi.



Hasil uji korelasi terhadap faktor masyarakat (α=0,05) ternyata hanya status pekerjaan dan tingkat pengetahuan terhadap imunisasi yang berhubungan terhadap DO DPT1-Campak di wilayah Puskesmas Bugulkidul Kota Pasuruan (p<0,05). Sedangkan faktor masyarakat yang berhubungan terhadap DO DPT1-Campak di wilayah Puskesmas Kandangsapi lebih banyak yaitu tingkat pendidikan, status pekerjaan, tingkat pengeluaran rumah tangga per bulan, jumlah anggota keluarga,dan faktor preferensi atau kesukaan dalam memilih fasilitas pelayanan imunisasi (p<0,05).



Pencarian yang berhubungan: 5 imunisasi dasar bayi, drop out imunisasi, imunisasi campak pada bayi, program imunisasi di puskesmas, manajemen program puskesmas

Penelitian Kesehatan Masyarakat- Headline Animator